Wednesday, June 8, 2016

Program Keluarga Bererencana untuk masyarakat simalungun





Salah satu masalah yang cukup besar di indonesia adalah jumlah kepadatan penduduk yang sangat padat. hal ini menimbulkan masalah yang besar,untuk itu pemerintah mencanangkan program KB atau (keluarga berencana) . KB adalah program pemerintah untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan cara membatasi kelahiran  dimana jumlah anak di keluarga yang edal adalah dua anak.

KB juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan mengendalikan kelahiran tujuan lain kb adalah untuk menurunkan jumlah kelahiran bayi yang ada di indonesia. pemerintah telah mendukung adanya perencanaan kb ini sebagaimana di ketahui bahwa sejak tahun 1970 program keluarga berencana telah meletakan dasar - dasar mengenai perencanaan dalam keluarga.

Keluarga berencana merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang paling mendasar dan utama bagi wanita, keluarga berencana adalah usaha untuk mengukur jumlah dan jarak kelahiran anak yang di inginkan maka di buatlah beberapa cara atau alternatif untuk mencegah kelahiran atau menunda kehamilan.

Maka untuk mendukung program nasional tersebut Penkab Simalungun beserta JR.Saragi melakukan pendataan keluarga bagi masyarakat dengan cara ini kita akan mengetahui jumlah keluarga sekaligus mengetahui berapa persen masyarakat yang mengikuti program KB.

Dari pendataan ini juga di ketahui daerah mana di kabupaten simalungun yang jumlah pertumbuhan penduduknya padat sehingga pemerintah di kabupaten simalungun dapat menurunkan petugas untuk penyuluhan tentang KB. Bupati simalungun JR.Saragih juga mengharapkan kepada seluruh petugas lapangan keluarga berencana atau (PLKB) untuk memberikan pelayanan yang baik,sehingga masyarakat dapat memahami tentang pentingnya program KB ini.

Jr.Saragih juga berharap agar menunjukkan kepribadian yang baik dalam melaksanakan tugasnya sehingga masyarakat lebih memahami tentang konsep dan program KB itu sendiri, Bupati juga menghimbau kepada seluruh petugas lapangan untuk bekerja dengan sungguh sungguh,jangan mudah untuk putus asa,ia berharap kegiatan pembekalan trsb bermanfaat kepada masyarakat

Para peserta program KB akan di berikan pembekalan tentang strategi oprasional program KB ,pencatatan dan pelaporan kepada insitusi masyarakat hasil pendataan ini dapat juga di gunakan sebagai pedoman untuk menentukan arah program pembangunan simalungun yang lebih maju lagi di masa mendatang

No comments:

Post a Comment