Monday, June 6, 2016

Pengaman presiden yang tangguh





Pasukan Pengaman Presiden atau PASPAMPRESS merupakan pasukan gabungan dari kesatuan - kesatuan  khusus tentara nasional indonesia yang setiap prajurit atau anggotanya di pilih yang terbaik dari segi fisik,mental,inteligensi postur dll untuk bertugas menjaga keamanan presiden beserta keluarganya. PASPAMPRES lahir spontan bersama dengan Proklamasi kemerdekan .
 
ketika kemerdekaan indonesia di proklamirkan para pemuda berjuang untuk mengambil peranan mengamankan presiden ,situasi keamanan pada awal kemerdekaan sangat memprihatinkan. di beberapa daerah masih terjadi pertempuran sebagai respon inginnya belanda menjajah indonesia kembali, situasi semakin berbahaya ketika keselamatan Presiden dengan di dudukinya jakarta oleh belanda pada tanggal 3 januari 1946.

mengingat kekuatan bersenjata belanda yang semakin besar dan terpusat di jakarta,serta pertimbangan intelijen RI saat itu yang memikirakan adanya Belanda untuk menyandera Presiden RI dan Wakil Presiden RI,maka Mr Pringgodigdo selaku  Sekertaris Negara mengeluarkan perintah untuk melaksanakan operasi penyelamatan pimpinan nasional .pada pelaksanaan penyelamatan ini telah di tampilkan kerjasama unsur-unsur pengamanan Presiden RI yang terdiri dari beberapa kelompok pejuang.

maka untuk mengenang keberhasilan penyelamatan Presiden RI yang baru pertama kalinya di laksanakan itulah, tanggal 3 januari 1946 di pilih sebagai hari Bhakti Paspampres. Paspamres sangat di butuhkan untuk melindungi Presiden dan keluarganya dari segala ancaman.

Menjadi Paspamres tidak mudah mereka harus bertarung nyawa untuk keselamatan presiden dan juga keluarganya, kedisplinan dan latihan fisik yang ketat adalah kunci agar sukses. membicarakan tentang Paspampres jadi keinget dengan keberhasilan mantan Paspamres yang sekarang berhasil menjadi Bupati Simalungun yaitu Jr.Saragih ya bupati Simalungun Jr.Saragih pernah diangkat  menjadi Pasukan Pengaman Presiden (paspampres).Pada tahun 2002

Dan pada tahun itu juga, ia ditugaskan untuk menjadi Komandan Sub Detasemen Polisi Militer (Dansubdenpom) di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat,padahal masa kecinya serba kekurangan tapi ia mampu bangkit dan menjadi seorang yang sukses

itulah perjalanan hidup jr.saragih yang berbeda dengan masa kecinya yang serba kekurang hingga akhirnya ia bisa bangkit dan berhasil seperti sekarang.


No comments:

Post a Comment