Wednesday, June 8, 2016

Tari Tor Tor





         Tari tor tor adalah kesenian yang berasal dari sumatra utara kata tor tor berasal dari suara hentakan penari yang menari di atas lantai papan rumah adat batak yang di sajikan dengan musik gondang, secara fisik tor tor merupakan tarian tapi jika dia artikan lebih tarian tor tor adalah sebuah media komunikasi di mana melalui gerakan terjadi interaksi partisipan upacara,sebelum acara dilakukan terbuka tuan rumah melakukan acara khusus yaitu tua ni gondang.
 
         Adapun makna dari tari tor tor mengandung tiga makna selain ritual juga untuk penyemangat jiwa dan juga sebagai hiburan.

 jenis dari tarian tor tor bergam antara lain :

  •  tor tor pangurason yaitu tari pembersih yang di laksanakan pada acara besar
  •  tor tor sipitu cawan atau di sebut juja tari tujuh cawan.tari ini biasanya di laksanakan pada upacara pengankatan raja yang menceritakan tentang  tujuh putri yang berasal dari kayangan yang turun ke bumi dan mandi di gunung pusuk buhit dan pada saat itu datanglah piso sipitu sasarung.                                                                                                                                                                                                                                               
  •   tor tor tunggal panuluan tari ini biasanya di laksanakan pada saat upacra ritual apabila di sebuah desa di landa musibah, tari ini di lakukan oleh dukun untuk mendapat petunjuk dalam mengatasi masalah tersebut.
           Tujuan tarian ini untuk upacara kematian,pesta muda mudi,panen raya dan penyembuhan sama seperti tari lain,tari tor tor juga mengalami pengaruh dari luar yaitu india
saat acara malam pesona seni dan budaya yang di gelar oleh Pemkab Simalungun di pekan raya
Sumatra utara ke -43 medan pada hari sabtu (12/4) juga menampilkan tarian tor tor

         dari sambutan tertulis yang di bacakan oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi bupati simalungut JR.Saragih mengajak agar para generasi muda dan seluruh warga simalungun untuk terus melestarikan dan menjaga seni dan kebudayaan simalungun sehingga tetap ada sepajang masa.
Selain melaksanakan seni budaya pemkab simalungun juga mengadakan pameran seperti produk unggul pertanian ,rumah tangga, dan juga perkebunan

No comments:

Post a Comment